Ini 7 Manfaat Kopi Luwak untuk Kesehatan yang Sudah Teruji

Hai, Kopinians!

Pada artikel ini minkop akan membahas mengenai kopi yang sudah sangat melegenda dan diketahui menjadi kopi termahal sedunia, lho.

Kopinians pencinta kopi pasti sudah tidak asing dengan kopi luwak. Kopi luwak merupakan kopi yang berasal dari daerah Jawa dan Sumatra yang dibudidayakan sejak zaman Belanda. 

Kopi Luwak berasal dari proses alami yang unik, sehingga menjadikan kopi ini memiliki cita rasa yang khas dan banyak digemari bagi pencinta kopi di seluruh dunia.

Selain rasa kopi yang khas, kopi luwak ini memiliki berbagai manfaat. Manfaat kopi luwak banyak ditemukan untuk berbagai macam kesehatan.

Apa Itu Kopi Luwak

manfaat kopi luwak yang diproses dari feses musang luwak
Musang luwak (sumber: Unsplash.com/@sebuahfotografer).

Kopi luwak merupakan kopi yang berasal dari kotoran luwak. Luwak merupakan salah satu jenis musang yang hidup di area perkebunan Kopi. Musang tersebut sering memakan buah ceri kopi yang tumbuh di tanaman sekitarnya.

Dalam proses pencernaan musang, biji kopi luwak tidak ikut hancur dalam sistem pencernaannya. Jadi, biji kopi utuh akan keluar dalam bentuk kotoran luwak.

Biji ini akan diolah menjadi kopi Luwak. Proses pengolahan biji kopi luwak adalah dengan pencucian dan pengeringan seperti pada biji kopi pada umumnya. Jenis biji bergantung pada buah ceri yang dimakan musang, entah itu arabika ataupun robusta. 

Biji yang tidak hancur akan dibersihkan dan disterilkan, kemudian dipanggang dan diseduh. Karena prosesnya berbeda, rasanya pun berbeda dari jenis kopi lainnya. Kopi Luwak memiliki rasa yang lebih ringan. Selain itu, hasil seduhannya juga lebih kaya akan cita rasa.

Ragam Manfaat Kopi Luwak untuk Kesehatan

kopinian manfaat kopi luwak
Kopi luwak yang sudah diproses (sumber: Pixabay.com/@sarajanssen).

Menurut uji laboratorium di Kanada, kopi luwak dari Indonesia mengandung lebih sedikit kadar protein dibandingkan jenis kopi lainnya.

Hal ini karena musang sudah mencerna protein dari kopi tersebut. Jadi, mengonsumsi kopi luwak bisa lebih sehat dibandingkan dengan kopi lainnya.

Nah, apa saja sih manfaatnya bagi kesehatan kita? Berikut ini daftar berbagai manfaat kopi luwak yang bisa kamu dapatkan.

1. Meningkatkan Mood

Manfaat kopi luwak yang pertama, yaitu kamu dapat meningkatkan mood dengan mengonsumsinya. Dengan atau tanpa kafein, kopi bisa menjadi antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak dan memicu pembengkakan sel.

Bagi beberapa orang, efek ini dapat bertindak sebagai antidepresan bagi sistem saraf mereka. Hal ini karena kopi mengandung polifenol, salah satu jenis antioksidan.

Selain itu, kafein dapat memengaruhi keadaan mental seseorang dengan meningkatkan kewaspadaan, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan mood.

2. Aman untuk Lambung

Bagi orang dengan lambung yang lebih sensitif, kopi biasanya menyebabkan efek tidak menyenangkan pada perut, seperti rasa sakit. Karena efek ini, beberapa orang lebih memilih untuk tidak minum kopi.

Jika kamu menyukai kopi, tetapi memiliki lambung sensitif, kopi luwak bisa menjadi alternatif yang lebih aman. Kopi luwak memiliki kadar protein rendah, sehingga kopi ini sedikit tidak pahit dibandingkan dengan kopi pada umumnya.

Kopi ini menjadi pilihan yang lebih aman bagi yang memiliki sensitivitas pada lambung. Hal ini karena proses pencernaan musang membuat kopi memiliki tingkat keasaman dan kafein yang lebih rendah.

Seperti yang disebut sebelumnya, jenis kopi ini memiliki tingkat keasaman dan kafein yang lebih rendah. Oleh karena itu, kemungkinan kamu mengalami sakit perut lebih kecil jika minum kopi luwak.

3. Melindungi Kesehatan Gigi dan Mulut

Kafein dalam kopi luwak memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat melindungi gigi dan mulut. Karena proses fermentasi pada tubuh musang, Kopi luwak mengandung antibakteri untuk mencegah gigi berlubang.

Selain itu, senyawa-senyawa dalam kopi ini membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan kerusakan pada DNA.

Namun perlu diingat, manfaat kopi luwak ini bisa diperoleh jika kamu kamu mengkonsumsi kopi tanpa tambahan gula. Gula berlebih dapat menyebabkan karies pada gigi.

4. Meringankan Gejala Migrain

Manfaat kopi luwak lainnya, yaitu dapat membantu meringankan gejala migrain dan jenis sakit kepala lainnya. Berkat efek vasokonstriksi dari kafein, kopi luwak menjadi pilihan ideal bagi penderita migrain.

Dengan tingkat keasamannya yang rendah, kopi luwak tetap cocok untuk migrain yang disertai nyeri lambung, berbeda dengan kopi biasa.

5. Pencegahan Penyakit Kanker

Salah satu manfaat kesehatan lain dari kopi luwak, yaitu dapat mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar.

Sistem pencernaan yang sehat akan mengurangi jumlah karsinogen, yang merupakan penyebab kanker. Kopi sendiri dapat merangsang produksi empedu, yang membantu mempercepat proses pencernaan melalui usus besar.

Selain itu, kopi juga terkait erat dengan tingkat estrogen yang rendah, hormon yang dapat memicu beberapa jenis kanker.

6. Membantu Mengatasi Sindrom Kelelahan Kronis

Bagi kamu yang suka merasa mudah lelah, bisa mendapatkan manfaat kopi luwak agar lebih berenergi. Mengutip dari Barista Course Adelaide, kopi luwak bisa memberi asupan asam malat eksogen.

Asam malat itu sendiri adalah zat organik yang dihasilkan secara spontan oleh semua makhluk hidup. Asam ini sering diresepkan sebagai suplemen untuk sindrom kelelahan kronis.

Zat ini mampu meningkatkan energi dan toleransi terhadap aktivitas berlebih serta ketidaknyamanan otot. Asam malat mendukung siklus Krebs, yang merupakan proses tubuh kita mengubah lipid, karbohidrat, dan protein menjadi energi.

7. Mengurangi Risiko PCOS

Manfaat kopi luwak selanjutnya, cocok untuk kesehatan perempuan. Kopi ini digadang-gadang dapat mengurangi risiko PCOS (polycystic ovarian syndrome) atau sindrom polikistik ovarium.

Kopi luwak memiliki tingkat inositol tertinggi yang membantu ovulasi dan meningkatkan kesuburan pada perempuan. Inositol adalah alkohol gula yang diproduksi secara alami di ginjal kita dan terdapat dalam berbagai jenis makanan lainnya.

Selain penting untuk pembentukan membran sel, inositol berfungsi sebagai “pesan kedua” dalam sistem saraf, meningkatkan efek neurotransmitter di otak.

Nah, setelah melihat berbagai manfaat kopi luwak di atas, kamu dapat mencoba opsi untuk mengonsumsi kopi ini. Selain aman untuk lambung, ternyata kopi luwak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Baca juga artikel mengenai perbedaan cappuccino dan latte di sini.


Tanya & Jawab

Apakah kopi luwak halal?

Fatwa MUI meneetapkan bahwa hukum mengonsumsi kopi luwak adalah halal karena kopi luwak termasuk mutanajjis, yang artinya dapat disucikan dengan air yang mengalir.

Bagaimana rasa kopi luwak asli?

Kopi luwak Memiliki rasa yang cenderung tidak pahit dibandingkan dengan kopi pada umumnya. Kopi luwak juga memiliki kandungan asam yang lebih rendah, sehingga lebih aman untuk lambung.


Isninda Priska http://kopinians.com

Coffee lovers who likes hanging out and writing about coffee. let's find cozy cafes for spending an entire day in comfort and delight!

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *